*****

Catatan Lain:

Catatan Lain:
* * * * *

Teknologi Komunikasi dan Sejarah Perkembangannya

Teknologi sudah menjadi barang mutlak di era global ini. Apapun yang kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari tidak lepas dari teknologi. Mulai dari bekerja menggunakan laptop atau computer, penggunaan internet dan jejaring social, mesin otomatis dalam pabrik sampai hal kecil seperti memfotokopi kertas pun tak luput dari sentuhan teknologi yang terus dikembangkan. Di Jepang, telah digunakan ‘seorang’ robot yang membantu pelayan catering dalam membagikan makanan bagi karyawan dan karyawati dalam suatu perusahaan. Ini adalah suatu hal yang tidak dapat dipungkiri bahwa robot telah menjadi suatu hal mutakhir yang secara langsung dapat membantu meringankan pekerjaan manusia karena secara fisik pun, sebagian dari mereka berperawakan layaknya manusia berlapis baja. Bahkan, di Negara-negera maju seperti Jepang dan Jerman, robot sudah mulai diproduksi dan digunakan di pabrik.

Everrt M. Rogers menuliskan bahwa terdapat empat era komunikasi yang terjadi dimuka bumi ini. Kronologis perkembangan komunikasi antarmanusia sebagaimana diungkapkan tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut:

Periode I : Periode Tulisan, 4000 SM – Hingga Sekarang
Orang Sumeria mulai menulis di tanah liat. Tahun 1041, Pi Sheng ( Cina ) menemukan alat cetak buku sederhana. Namun, pada tahun 1241 di Korea masih menggunakan tanah liat sebagai alat tulis.
Periode II : Periode Cetakan, 1456 – Sekarang
Kitab suci Gutenberg dicetak dengan cetakan besi yang dilakukan dengan mesin hand press. Tahun 1833, sirkulasi media massa diawali dengan surat kabar Penny Press – The New York Sun. tahun 1839, Daguerre mengembangkan cara praktis fotografi untuk surat kabar.
Periode III : Periode Telekomunikasi,1844 – Sekarang
Tahun 1880 Heinrich Hertz menemukan elektromagnetik. Tahun 1844, Sammuel Morse pertama kali mengirim pesan melalui telegraf. Tahun 1876, Alexander Graham Bell pertama kali mengirim pesan melalui telepon. Tahun 1894, bioskop untuk pertama kali diperkenalkan kepada public. Tahun 1895, Guigliemo Marconi mengirim pesan melalui radio – komunikasi. Tahun 1912, Lee Forest menemukan vacuum tube (triode). Tahun 1920, siaran radio secara periodic diadakan oleh KDKA di Pittsburch. Tahun 1933,demonstrasi televisi oleh RCA. Tahun 1941, siaran televisi koomersial pertama.
Periode IV : Periode Komunikasi Interaktif atau Dua Arah, 1946 – Sekarang.
Tahun 1946, kerangka dasar computer (ENIAC) dengan 18 ribu vacuum tube pertama kali dibuat oleh University of Pennsylvenia. Tahun 1947, William Shockley, John Bardeen dan Walter Brattain menemukan transitor. Tahun 1965, video tape diciptakan oleh Ampex Company di Redwood City California, Amerika Serikat. Tahun 1957, Rusia meluncurukan satelit Sputnik. Tahun 1969, NASA meluncurkan misi APOLLO XI yang mendaratkan manusia pertama di bulan, Neil Amstrong, 20 Juli 1969. Apollo XI dikendalikan oleh minicomputer yang berukuran hanya 2 1/2 feet dan hanya 1/3 ribu dari ENIAC.
Beberapa informasi yang cukup penting diketahui, yaitu : Tahun 1712, Joseph Newcombs menemukan prinsip dasar mesin uap. Tahun 1769, James Watt membuat mesin uap dan karena penemuan ini terjadilah revolusi industry di Inggris. Tahun 1983, J. George Bernodz dan Alex Muller menemukan bahan pembuat integrated circuit atau IC atau chips dari bahan keramik yang dapat berfungsi pada 30 derajat Kelvin (-243 derajat Celcius), yaitu dengan membenamkan bahan itu pada nitrogen cair. Oktober 1987, J. George Bernodz dan Alex Muller memenangkan hadiah Nobel untuk cabang Fisika Murni. Banyak keuntungan yang akan diperoleh oleh manusia dari bahan baru dari keramik ini karena apabila bahan ini dipergunakan, energi yang hilang/terbuang relative o (Abrar, 1993 : 3-4).
Media interaktif adalah media yang dipakai untuk saling menukar informasi, baik untuk keperluan hiburan, pendidikan, bisnis maupun lain-lain dengan menggunakan computer, terminal video text, telepon atau layar televisi. Ciri utama media interaktif adalah memberi peluang untuk saling saling tukar informasi. Ciri ini menjadikan media interaktif berbeda dengan media massa. Sebab media massa adalah saluran komunikasi melalui surat kabar, majalah, radio, televisi dan film yang bisa menjangkau khalayak luas dengan informasi yang berasal dari institusi. Maka itu, keliru pendapat yang mengatakan bahwa internet, yang notabene media interaktif, sebagai media massa (Abrar, 1993 : 18-19).

Related Post



Post a Comment

Attention, please!

Sesungguhnya aktifitas tidak akan terganggu bila setiap satu jam sekali, berhenti setengah menit untuk beristighfar atau dzikir lainnya sebanyak 10x, bahkan lebih dari itu Insya Allah bisa.

Be My Partner